Berita & Blog


Ini Dia 6 Minuman Sehat Untuk Ginjal Yang Cocok Dikonsumsi!

Ginjal merupakan alat vital yang memiliki banyak fungsi untuk tubuh, mulai dari mencegah masuknya racun, sebagai alat penyaring sampai mengatur mineral yang masuk ke dalam tubuh. Namun seringkali, kebiasaan mengonsumsi makan dan minum minuman yang kurang sehat dapat dengan mudah menyebabkan gagal ginjal. 

Meskipun air putih merupakan minuman paling penting untuk kesehatan ginjal, namun ada juga lho minuman kesehatan ginjal lainnya yang bisa dikonsumsi. 

  • Jus Buah Beri

Adanya kandungan resveratrol di dalam buah beri ini berperan untuk meredakan infeksi pada ginjal. Rasa anggur yang asam dan segar ini tentunya membuat siapapun ingin mengonsumsinya. Menurut Nephrology Dialysis Transplantation, kandungan resveratrol ini memiliki fungsi yang mirip seperti antioksidan. Buah beri ini terdiri dari stroberi, anggur, dan cranberry. Terdapat studi dari Nutrition Journal yang mengungkapkan jika setiap harinya selama dua minggu, seorang wanita mengonsumsi cranberry kering maka akan mengurangi infeksi saluran kemih. 

  • Jus Seledri

Minuman kesehatan ginjal yang terbuat dari herbal ini memang mempunyai rasa yang sedikit aneh, yaitu getir. Meskipun begitu, jus seledri ini memiliki fungsi untuk mengeluarkan racun yang ada pada ginjal serta mendetoksnya. Kandungan 95 persen air yang terdapat pada seledri ini mampu menghancurkan mineral yang telah mengendap dan memiliki potensi menjadi kristal pada ginjal. 

  • Jus Nanas

Kandungan enzim bromelain pada nanas dapat berfungsi menjaga kesehatan saluran pencernaan, termasuk ginjal. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Mangalayatan University di India, kandungan enzim tersebut dapat mengurangi infeksi ginjal serta meningkatkan sirkulasi darah. 

  • Jus Delima

Minuman yang baik untuk ginjal selanjutnya adalah jus yang terbuat dari buah delima. Selama beberapa abad, jus delima ini dipercaya oleh orang – orang zaman dulu untuk meningkatkan fungsi ginjal secara menyeluruh. Kandungan antioksidan yang ada pada buah delima ini dapat membersihkan racun dalam tubuh dan mencegah adanya batu ginjal. 

  • Sari Cuka Apel dengan Lemon

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh BJU Internasional telah membuktikan bahwa cuka yang difermentasikan memiliki dampak positif dalam mencegah pembentukan batu ginjal. Untuk mengurangi rasa asam, anda juga bisa menambahkan madu. Namun jangan sampai juga mengonsumsi secara berlebihan ya. Rasa asam yang dimiliki oleh cuka apel ini juga tidak baik untuk pencernaan jika dikonsumsi secara berlebihan. 

  • Jus Buah Bit

Buah bit ini mengandung betaine dan fitokimia. Selain itu juga adanya kandungan antioksidan yang dimiliki, membuat buah bit ini dapat membersihkan kalsium fosfat serta membersihkan penumpukan mineral yang bisa membentuk batu ginjal. Dengan adanya pembersihan ini, maka fungsi ginjal secara keseluruhan akan meningkat. 

Itulah 6 minuman kesehatan ginjal yang memiliki fungsi mencegah batu ginjal serta membersihkan ginjal dari racun – racun yang mengendap. Selamat mencobanya, ya!

TOP