Berita & Blog


Kenali Beberapa Manfaat dan Efek Samping dari Minuman Fiber

Berbagai minuman yang bagus dan sehat bagi tubuh tentu sudah banyak dijual dipasaran, dan salah satunya adalah minuman fiber yang menyehatkan tubuh atau minuman berserat

Minuman berserat sangat dianjurkan untuk menjaga tubuh tetap ramping, sehat dan mengurangi risiko berbagai penyakit. Tapi konsumsi serat dengan jumlah yang berlebihan ternyata juga berbahaya bagi tubuh.

Ketahui beberapa manfaat dan akibat jika mengkonsumsi minuman fiber tersebut.

Manfaat Minuman Fiber

Mengonsumsi minuman fiber sendiri mempunyai berbagai manfaat, diantaranya,

  • Menurunkan Berat Badan

Minuman fiber atau serat ini tidak cuma membuat anda kenyang lebih cepat dan lebih lama, tetapi juga dapat mencegah tubuh anda untuk menyerap beberapa kalori pada makanan yang sedang anda makan saat itu.

Sehingga banyak yang mengatakan jika minuman yang bagus ini sangat efektif untuk menurunkan berat badan saat diet dilakukan.

  • Peluang Terkena Penyakit Jantung Menurun

Hal ini dikarenakan kemampuan minuman yang bagus dan menyehatkan badan satu ini mempunyai serat yang dikenal bisa mengurangi kolesterol didalam tubuh anda serta juga dapat membawanya keluar sebelum menyumbat pembuluh darah.

  • Bisa Mencegah Risiko Diabetes Tipe 2

Minuman fiber juga diketahui bisa membantu anda dalam mengontrol kadar gula darah. Pada penderita diabetes sendiri, serat terkhusus serat yang dapat larut larut dikenal bisa memperlambat penyerapan gula serta membantu untuk menstabilkan kadar gula darah seseorang.

Lalu diet sehat dengan mengkonsumsi kandungan serat tidak larut juga bisa menjaga berat badan yang bisa membantu untuk mencegah perkembangan risiko diabetes tipe 2.

Para ahli sendiri juga menyatakan, jika orang dewasa membutuhkan serat kurang lebih sekitar 25gram untuk perempuan sampai 30gram untuk laki-laki dan 20gram untuk anak-anak. Tapi jika seseorang mengonsumsi serat lebih dari 45gram per harinya, serat tersebut justru dapat berakibat buruk untuk tubuh.

Akibat Terlalu Banyak Mengkonsumsi Minuman Fiber

Walaupun minuman fiber dikatakan sebagai minuman yang bagus, mengkonsumsi sesuatu secara berlebihan juga tidak baik, berikut efek samping jika anda terlalu sering minum minuman fiber,

  • Menyebabkan Sembelit

Memang jika seseorang mengkonsumsi serat dengan jumlah yang cukup juga sesuai bisa membersihkan perut serta kotoran di usus dapat menjadi lebih lunak.

Tapi jika anda mengonsumsi serat lebih dari kebutuhan tubuh anda, serat tersebut justru bisa membuat sembelit atau susah buang air besar. 

Hal ini dikarenakan, serat menyerap air saat melewati sistem pencernaan. Dan jika seseorang terlalu banyak konsumsi serat, air pada saluran cerna tersebut pun banyak yang diserap dan berakibat susahnya buang air besar.

  • Perut akan Kembung

Perut kembung sendiri adalah gas produk sampingan kombinasi dari proses pencernaan tubuh. Serat yang berlebih dapat menyebabkan perut kembung dikarenakan bakteri dalam usus akan mencerna serat tersebut secara berlebihan dan membuat gas menjadi produk sampingannya.

  • Berat Badan Meningkat

Orang-orang biasanya mengkonsumsi serat dengan harapan bisa menjaga berat badan. Tapi dengan konsumsi serat dengan berlebihan justru bisa menyebabkan anda mengalami kenaikan berat badan.

Hal ini dikarenakan banyaknya serat berarti menyerap banyak air. Jadi jumlah air yang tidak diperlukan bisa saja disimpan pada tubuh, hal ini disebut retensi air. Dan air yang ditahan pun membuat berat badan anda menjadi meningkat.

Walaupun begitu, bukannya tidak baik anda mengonsumsi minuman fiber ini. Hanya saja, anda harus bisa menakar sesuai kebutuhan supaya beberapa akibat diatas tidak menghinggapi tubuh anda dan minuman fiber menjadi minuman yang bagus untuk tubuh anda.

TOP