Berita & Blog


Minuman untuk Menyehatkan Ginjal yang Mengandung Fiber

Ginjal merupakan salah satu organ penting dalam tubuh yang berfungsi sebagai penyaring darah. Apabila mengalami kerusakan, tentunya akan berdampak sangat fatal. Oleh karena itu, Anda harus menerapkan pola hidup sehat, seperti perbanyak minum air putih, pola makanan dengan gizi yang seimbang, jangan selalu begadang, dan tak lupa meminum minuman untuk menyehatkan ginjal, seperti yang akan kita bahas di bawah ini ya!

Cara untuk Membuat Ginjal Tetap Sehat

Terdapat banyak sekali cara-cara yang dapat Anda gunakan untuk membuat ginjal tetap sehat. Selain cara yang sudah disebutkan di atas, Anda dapat meminum minuman fiber yang menyehatkan tubuh. Eits, tapi jangan lupa bahwa selain meminum minuman untuk menyehatkan ginjal tersebut, Anda juga harus menghindari beberapa kandungan suplemen di bawah ini. Hal itu dapat menyebabkan ginjal Anda mengalami kerusakan loh.

  • Suplemen Diuretik

Suplemen pertama yang harus Anda hindari karena dapat menyebabkan kerusakan ginjal adalah yang bersifat diuretik. Diuretik sendiri berfungsi untuk membuang kelebihan air dan garam dari tubuh dengan melalui keluarnya urin. 

Hal tersebut dikarenakan suplemen yang bersifat diuretik dapat menyebabkan kerusakan atau iritasi pada ginjal. Beberapa suplemen yang bersifat diuretik yaitu, buah juniper dan peterseli. Cermatilah kontraindikasi, efek samping, serta kandungan dari suplemen sebelum Anda mengonsumsinya.

  • Kalium

Suplemen dengan kandungan mineral kalium di dalamnya perlu dibatasi bagi penderita yang mempunyai penyakit ginjal maupun hemodialisis. 

Pada penderita penyakit ginjal, kalium tidak dapat disaring dengan bagus oleh ginjal. Hal tersebut menyebabkan kalium menumpuk di dalam tubuh. Kelebihan kalium tersebut bisa menyebabkan jantung berdebar-debar, susah untuk bernapas, dan juga nyeri dada.

Kalium banyak ditemukan dalam suplemen papaya, ketumbar, teratai air, daun bawang, kunyit, akar dandelion, dan juga sereh.

  • Fosfor

Suplemen yang terdapat kandungan fosfor di dalamnya sebisa mungkin Anda hindari. Terutama bagi Anda yang mempunya penyakit gagal ginjal serta dalam proses hemodialisis.

Ketika Anda mengonsumsi fosfor secara berlebihan, maka dapat merusak organ ginjal dan membuat ginjal harus bekerja dengan keras. 

Setelah ginjal mengalami kerusakan, maka ginjal tidak dapat mengolah ataupun menyaring fosfor, sehingga dapat menjadi racun karena menumpuk di dalam tubuh. Hal tersebut dapat menyebabkan tubuh mengalami kerusakan. Fosfor sendiri sering terdapat di dalam suplemen herbal seperti biji bunga matahari, daun ketumbar, kunyit, lobak, dan juga teratai air. 

Manfaat menjaga Kesehatan ginjal

Minuman untuk menyehatkan ginjal bermanfaat agar menjaga kesehatan ginjal. Dengan Anda menjaga kesehatan ginjal, tubuh dapat memfiltrasi dan membuang limbah dengan baik. Hal tersebut dikarenakan ginjal mempunyai fungsi untuk menyaring kelebihan air, limbah, dan kotoran lain yang terkandung di dalam darah.

TOP