Berita & Blog


Penjelasan Cara Kerja Multi Level Marketing Yang Mudah Dipahami

Bisnis MLM memang sedang merajalela dimana-mana. Tawaran demi tawaran terus beredar, diikuti dengan jaminan kompensasi yang "katanya" bisa membuat seseorang menjadi miliarder. Hal tersebut memang benar adanya. Ada banyak pebisnis MLM yang sukses dan sudah mempunyai penghasilan triliunan. Namun, untuk sampai dan berhasil ke titik itu diperlukan kepandaian untuk mengelolanya. Nah, agar lebih jelas berikut ini akan dijelaskan terkait cara kerja multi level marketing (MLM).

1. Mendaftar Menjadi Anggota

Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu ketika ingin menjalani bisnis MLM adalah menjadi anggota atau mitra bisnis perusahaan. Pendaftaran biasanya akan dikenakan biaya, jumlahnya tergantung kebijakan dari perusahaan tersebut.

Setelah mendaftarkan diri, biasanya anggota akan mendapatkan majalah, informasi produk, kartu anggota, buku pedoman untuk menjalankan bisnis MLM, dan lain-lainnya. Tips untuk memilih perusahaan, pilihlah perusahaan yang sudah terdaftar di APLI dan punya badan hukum yang jelas.

2. Menandatangani Kontrak Kerjasama

Para anggota yang sudah mendaftarkan diri dan telah membayar uang pendaftaran maka untuk tahap selanjutnya anggota yang baru saja masuk harus menandatangani sebuah berkas yang berisikan kontrak kerjasama perusahaan dengan mitra bisnisnya.

Kontrak bisnis itu bersifat terikat dimana para anggotanya harus menuruti aturan yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Bukan hanya bersifat terikat pada satu pihak, perusahaan pun mempunyai tanggungan atau kewajiban dalam memberikan bonus, pelayanan, dan bimbingan yang benar.

3. Mempromosikan Produk Perusahaan

Setelah mendaftar menjadi anggota maka cara kerja multi level marketing selanjutnya adalah membantu perusahaan untuk menjualkan produknya melalui kegiatan promosi. Kegiatan mempromosikan barang ini bisa dilakukan saat sedang berkumpul atau berbicara dari mulut ke mulut.

Tujuannya untuk menarik konsumen agar membeli produk yang telah dipasarkan. Setiap transaksi penjualan yang berhasil maka anggota akan diberikan keuntungan berupa sebuah kompensasi atau fee. Untuk jumlah kompensasi biasanya berdasarkan banyaknya jumlah penjualan barang.

4. Merekrut Mitra Bisnis yang Lain Sebanyak-Banyaknya

Selain menjualkan produk perusahaan, bisnis MLM juga akan memberikan keuntungan bagi anggotanya yang berhasil merekrut mitra bisnis untuk join atau bergabung ke dalam bisnis yang serupa. Tugas anggota disini yaitu mensponsori member yang baru join sampai member tersebut dapat menjalani bisnis MLM dengan baik.

Member atau mitra bisnis yang baru bergabung ini nantinya akan menciptakan organisasi besar yang bisa menghasilkan omzet atau bonus untuk anggotanya. Jadi untuk mendapatkan bonus tambahan maka buatlah organisasi yang didalamnya terdapat member-member yang aktif dalam menjual produk dan merekrut mitra bisnis baru.

5. Memperluas Jaringan

Tugas anggota bukan hanya membantu perusahaan dalam menjual produknya namun juga memperluas jaringan. Cara ini berkaitan dengan cara kerja sebelumnya dimana anggota yang sudah lama mendaftar harus mengajak member baru sebanyak-banyaknya untuk bergabung dalam bisnis MLM. Cara inilah yang dimaksud dengan  memperluas jaringan.

Temuilah orang sebanyak-banyaknya, ajak orang tersebut untuk bergabung, dan nikmatilah keuntungan besar yang akan didapatkan. Semakin banyak anggota merekrut anggota lainnya maka bonus yang didapatkan akan semakin besar juga.

Demikianlah penjelasan mengenai cara kerja multi level marketing. Dalam memperluas jaringan, para anggota harus pandai mempromosikan dan melakukan pemasaran yang baik untuk merekrut member baru. Nah, untuk mempermudah pemasaran atau kegiatan marketing lainnya maka disinilah peran jaringan internet sangat membantu yakni dengan menggunakan website. Dengan adanya website, para anggota dapat menjalankan bisnisnya dengan baik. Oleh karena itu memesan website MLM kepada jasa pembuatan website MLM seperti halnya Indo Greenlife Harvest adalah keputusan yang sangat tepat.