Berita & Blog


Rekomendasi Minuman untuk Meningkatkan Kesehatan Kulit

Bagi wanita, memiliki kulit yang sehat dan bersih adalah impian. Tak jarang, sebagian wanita menggunakan berbagai macam produk kecantikan untuk menjaga kesehatan kulit mereka. Sebenarnya, tidak perlu mengeluarkan budget yang besar untuk memiliki kulit yang sehat. sebagai contoh,  cukup mengonsumsi buah-buahan atau minuman yang baik untuk kulit, seperti produk olahan jus.

Dengan mengonsumsi minuman sehat, Anda sudah memberikan nutrisi pada kulit, baik dari luar maupun dalam. Akan tetapi, mengatur pola hidup sehat juga bagian dari menjaga kesehatan kulit. 

Tubuh yang sehat berasal dari gaya hidup yang teratur. Kemudian, berbarengan dengan mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi maupun minuman yang sehat. Beberapa minuman olahan ini dapat dijadikan referensi untuk meningkatkan kesehatan kulit Anda.

Rekomendasi Minuman Untuk Kulit Sehat

Minuman yang sehat adalah minuman yang terdiri atas nutrisi, vitamin, maupun mineral yang aman bagi tubuh. Menjaga kesehatan kulit, itu gampang kok! Anda tinggal menggunakan bahan-bahan alami yang diolah menjadi minuman. Yuk, lihat daftar minuman yang baik untuk kulit di bawah ini.

  • Jus Stroberi

Buah stroberi mengandung vitamin c, zat besi, dan antioksidan yang mampu menjaga kesehatan tubuh, seperti kulit, jantung, dan mengurangi risiko terkena kanker. Buah ini diolah menjadi minuman jus yang bermanfaat bagi kesehatan kulit, terutama untuk mencegah dan menghilangkan bekas jerawat. Selain itu, kandungan AHA (Alpha Hidroxy Acids) dan asam salsilat yang membutuh bakteri jerawat dengan cepat. 

  • Jus Tomat

Tomat mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, turatama pada kulit. Rutin mengonsumsi tomat mampu membersihkan kulit dan mencegah timbulnya jerawat. Anda dapat mengonsumi secara langsung atau membuat masker tomat alami. Tomat juga berfungsi sebagai minuman untuk menaikkan imun, mampu mencegah kanker dan jantung, serta melancarkan aliran pada darah. 

  • Jus Wortel

Wortel mengandung karotenoid yang dikenal mampu menjaga kesehatan mata, sehingga penglihatan pada mata tetap tajam. Selain itu, kandungan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, sehingga melindungi kulit dari kerusakan. Rutin mengonsumsi wortel juga meningkatkan produksi kolagen secara alami. Anda dapat mengolah wortel sebagai jus untuk menu sarapan pagi.

  • Susu Kedelai

Bukan hanya buah, susu kedelai juga membantu menjaga kesehatan kulit. Susu kedelai berasal dari tanaman kacang-kacangan yang mengandung kalsium, protein, dan vitamin yang berguna bagi tubuh. Susu kedelai banyak dikonsumsi karena mampu memberikan kelembapan pada kulit, mencegah penuaan dini, menjaga elastisitas kulit, mencegah timbulnya noda hitam atau flek, mengurangi peradangan, hingga membuat tekstur kulit merata. Susu kedelai sangat cocok dikonsumsi bagi pemilik wajah acne prone skin, karena kandungan proteinnya jauh lebih baik dari produk hewani. 

  • Mengonsumsi Kolagen

Kolagen dipercaya sebagai kunci untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Kolagen merupakan jenis protein yang terdapat pada otot, tulang, hingga kulit. Zat kolagen ini berfungsi sebagai perekat, sehingga struktur tulang lebih kuat. Selain mengonsumsi bahan alami, Anda juga dapat minum suplemen kolagen. Akan tetapi, perhatikan takaran dosisnya, ya!

Mengonsumsi Kolagen, Aman atau Tidak?

Sejatinya, setiap makanan atau minuman yang mengandung nutrisi itu merupakan makanan yang aman dikonsumi. Namun, tidak boleh berlebihan. Sama halnya, mengonsumsi kolagen. Memang, seiring usia yang bertambah, produksi kolagen alami semakin berkurang. Pada akhirnya, sebagian orang lebih suka mengonsumsi suplemen kolagen karena efeknya lebih signifikan.. Namun, perlu memperhatikan aturan dosis. Selain itu, kolagen mengandung protein yang dapat menyebabkan alergi. Hal ini disebabkan, tidak semua produk cocok untuk jenis kulit. Sebaiknya, Anda berkonsultasi dengan dokter, agar produk yang digunakan aman dan menghasilkan khasiat yang diinginkan.

Lalu, rutin mengolah buah ataupun produk susu di atas, dapat meningkatkan produksi kolagen secara alami, sehingga minuman yang baik untuk kulit tersebut mampu memberikan efek secara alami pula. 

TOP